Bagaimana mencegah radikal bebas merusak tubuh anda?

bagaimana-radikal-bebas-merusak-sel
Dewasa ini begitu pembicaraan mengenai radikal bebas dan anti oksidan sangat gencar dibicarakan dimana-mana. Mulai dari acara-acara kesehatan di TV, iklan koran sampai artikel-artikel menarik di portal kesehatan, seakan berlomba membahas tentang anti oksidan dan radikal bebas ini. Namun tidak ada yang bisa menjelaskan secara detail dan mudah dicerna agar orang gampang faham mengenai dua hal penting itu. 

Artikel ini coba menjelaskan secara terperinci tentang radikal bebas terlebih dahulu. Sedangakan pembahasan mengenai anti oksidan akan dibahas lain waktu di lain artikel. Semua ini agar informasi tentang dua bintang kesehatan ini tidak simpang siur lagi seperti kondisi lalu-lintas jakarta pada jam sibuk.  

Pembahasan akan dmulai dari pengertian radikal bebas.

Apa itu radikal bebas?

Radikal bebas merupakan molekul yang relatif tidak stabil yang mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Di dalam molekul mereka membentuk semacam efek magnet yang menyebabkan radikal bebas berikatan dengan molekul-molekul di dekatnya. Jadi radikal bebas akan terus membentuk radikal-radikal bebas baru untuk mendapatkan kestabilan. Dalam kenyataannya dalam memperoleh kestabilan seringkali radikal bebas ini merusak molekul lain. Sederhanya radikal bebas yang tidak terkendali ini akan merusak sel sehat dalam tubuh seseorang.

Tubuh sebenarnya mampu menetralisir radikal bebas yaitu dengan anti oksidan. Namun seringkali radikal bebas yang ada dalam tubuh besar pasak daripada tiang. Radikal bebas terlalu banyak sedang jumlah pasukan anti oksidan terbatas. Maka peperangan yang tidak seimbang ini akan dimenangkan oleh radikal bebas dengan gilang gemilang.

Sumber radikal bebas dalam tubuh

karena tidak stabil
ia akan mencari elektron di atom
lain dan merusaknya
Setiap makhluk hidup akan menghasilkan radikal bebas sebagai produk samping dari proses pembentukan energi. Selain dari proses metabolisme, radikal bebas juga muncul pada setiap proses pembakaran, seperti merokok, memasak, pembakaran bahan bakar pada mesin dan kendaraan bermotor. Demikian juga ketika sinar ultraviolet, seperti sinar matahari, menerpa tubuh manusia terus menerus, elektron atom pada tubuh akan meloncat dari orbitnya, dan terciptalah radikal bebas.

Bagaimana radikal bebas merusak sel?

Radikal bebas yang mengambil elektron dari sel tubuh manusia dapat menyebabkan perubahan struktur DNA sehingga terjadi mutasi sel. Bila perubahan DNA ini berlangsung kronis artinya sudah menahun, maka dapat menjadi pencetus timbulnya kangker

Selain kangker, tertimbunnya radikal bebas di dalam tubuh dalam waktu lama juga akan menyebabkan terjadinya penyakit lain. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung, katarak dan menurunnya fungsi ginjal.

Pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek radikal bebas

Pola hidup sehat  

Pola hidup sehat dapat menghindarkan seseorang dari ancaman bahaya radikal bebas. Pola hidup itu seperti hindari polusi udara, rajin berolahraga dan berhenti merokok. Apalagi merokok. Kegiatan ini secara sengaja memasukkan berbagai jenis zat berbahaya ( zat-zat menjijikkan yang terdapat dalam rokok ) yang dapat meningkatkan jumlah radikal bebas ke dalam tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam rokok ini adalah radikal bebas yang mampu menambah kerusakan sel didalam tubuh.

Celakanya saat tubuh manusia menerima asupan berupa asap rokok, tubuh akan secara alamiah berusaha mengeluarkan berbagai racun kimiawi ini dari tubuh melalui proses metabolisme. Padahal proses metabolisme ini pun sebenarnya menghasilkan radikal bebas. Jangan lupa bukan hanya rokok yang menjadi sumber radikal bebas dari luar. Sumber-sumber lain radikal bebas itu bisa anda ketahui di artikel ini.

Jangan berolahraga berlebihan

Meskipun olahraga baik bagi tubuh, namun jika olahraga dilakukan secara membabibuta akan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, akibatnya memicu timbulnya radikal bebas dalam tubuh melalui proses oksidasi yang berlebihan. 

Olah raga dengan intensitas rendah seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan bersepeda sangat disarankan untuk meningkatkan enzim antioksidan alami yang berasal dari tubuh seperti enzim superoksid dismutase dan lain-lain untuk menetralisir kerja setiap radikal bebas yang merusak. 

Banyak makan sayur dan buah. 

Anda bisa mengatrol naik jumlah antioksidan dalam tubuh anda jika anda gemar memakan Buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan terbaik. Komponen kimia yang terdapat dalam sayur dan buah adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik. Senyawa-senyawa golongan tersebut memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas dan menetralkannya. vitamin E, vitamin C, dan karotenoid merupakan golongan antioksidan yang juga banyak terdapat pada buah dan sayur.


Demikian tadi pembahasan menyeluruh tentang radikal bebas dan beberapa cara untuk mengatasinya. Maka jadikan radikal bebas sebagai musuh bersama demi tercapainya kehidupan yang sehat berkualitas. 


Selamat sehat...... 





Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger