Cara Mudah Membedakan Madu Asli atau Palsu

ciri-kiat-beda-madu-asli-palsu
Madu. Minuman berasa manis ini terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Semua genre ilmu kedokteran seperti ilmu kedokteran barat, timur maupun arab sangat menganjurkan madu untuk menjaga kesehatan ataupun membantu menyembuhkan penyakit. Bahkan tak jarang pengobatan tradisional pun sangat merekomendasikan minuman yang dikumpulkan oleh lebah ini. 

Karena itulah madu kini menjadi komoditi yang laris manis di pasaran. Hampir semua orang membutuhkannya. Padahal total produksi madu mungkin relatif terbatas. Karena pasar yang menggiurkan inilah, membuat beberapa pengusaha atau penjual tertarik untuk berbuat nakal dengan cara memalsukannya. 

Sebelum membicarakan cara membedakan madu asli atau palsu. Ada baiknya kita mengetahui lebih dulu ciri masing-masing jenis madu itu. 

Bagaimana kriteria madu asli dan madu palsu? 

madu-dari-nektar-bunga-sarang-lebah
lebah sedang mengumpulkan bakal madu
Jelas jika anda bertanya tentang madu asli, setiap orang akan menjawab madu yang murni dari fermentasi nektar bunga tanpa ada campuran apapun. Sedang jika anda bertanya bagaimana kriteria madu palsu? Penjelasannya mungkin agak panjang karena pemalsuan ini begitu banyak variasinya. Varisasi pemalsuan madu itu kurang lebih seperti ini : 

 

Pemalsuan kuantitas 

Dilakukan dengan menambah volume madu asli dengan madu palsu. Madu palsu bisa di hasilkan dari campuran air dan gula jawa yang nantinya akan dicampur dengan madu asli sehingga akan bertambah volumenya. 

Pemalsuan kualitas 

biasanya dilakukan dengan mengubah kadar air madu yang tadinya tinggi, lalu diturunkan dengan pemanasan sehingga kadar airnya menurun. Kalau sudah menurun kekentalan madu akan bertambah sehingga akan nampak seperti asli 

Pemalsuan menyeluruh 

Yang membuat madu jenis ini bisa di katakana penipu tulen, karena madunya benar-benar berasal dari bahan pemanis buatan atau gula jawa sehingga tidak ada sama sekali unsur nectar bunga lebah. 

Bagaimana cara membedakan Madu Asli dan palsu?


Nah, setelah anda mengetahui modus-modus pemalsuan, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara membedakan madu yang anda beli itu asli atau hanya abal-abal. Saya membedakannya menjadi tiga tahap. Tahap sebelum membeli, setelah membeli dan pemeriksaan lanjutan 

Sebelum membeli 

Sebelum membeli pastikan Anda memperhatikan bagian atas madu. Apakah terlihat jernih atau terdapat endapan berwarna coklat. Jika Anda mendapati endapan tadi, besar kemungkinan madu tersebut tidak murni lagi. Keadaan ini bisa dideteksi jika madu sudah didiamkan beberapa saat. 

Setelah itu Kocok-kocoklah botol isi madu itu, jika ada sedikit buih berarti madu itu asli. Madu asli telah melewati proses fermentasi di rumah lebah, sehingga jika di kocok akan menghasilkan gas, gas inilah yang menyebabkan buih, karena itu gas akan menekan tutup botol ke atas, sehingga jika di buka akan menimbulkan suara. 

Lihat ada kadaluarsanya tidak? Konon madu asli tak mempunyai kadaluarsa, jadi jika anda menemukan madu dengan label expired date bahkan dengan tanggal kadaluarsa yang pendek kemungkinan madu itu palsu karena telah di campur dengan bahan pengawet. 

Setelah membeli 

Madu asli dan palsu bisa di bedakan dengan merasakannya. Madu asli mempunyai rasa khas yang tidak bisa ditiru madu palsu. Madu asli mempunyai rasa manis alami dan tidak terasa asam ditenggorokan. Kadang madu palsu menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman di tenggorokan, itu di sebabkan oleh bahan-bahan campuran yang dicampurkan ke dalam madu palsu tersebut. Kelemahan cara ini adalah sangat sulit membedakan bagi yang sama sekali belum mengetahui ciri-ciri madu. Karena bagi penggemar pemula, semua rasa madu adalah sama, yaitu manis 

Pemeriksaan lanjutan 


Menuangkan madu dalam air 

Tuangkan madu ke dalam segelas air. Jika madu itu asli madu akan segera jatuh ke dalam gelas, sedang jika madu palsu cenderung akan menyebar dan membuat air keruh, Madu mempunyai daya koagulasi/tarik-menarik kuat sedang yang palsu tidak. Karena sebab yang sama saat di tuangkan madu asli tidak terputus sedang madu palsu jatuhnya terputus-putus. 

Untuk lebih memastikan, anda bisa mengaduk campuran madu dan air itu. Biarkan selama 20 menit lalu lihat hasilnya. Jika di dasar gelas ada endapan butiran halus berwarna kekuningan madu itu asli. Endapan itu adalah bee polen atau tepung sari bunga, sedang jika warna endapan itu berwarna coklat, tipis kemunkinan madu tersebut asli karena endapan kecoklatan itu adalah ampas dari gula. 

Membentuk pola heksagonal 

Mungkin ini cara ajaib untuk membedakan madu asli atau palsu. Karena memang secara ilmiah bisa dibuktikan. Untuk melihatnya, teteskan beberapa tetes madu ke piring. Setelah itu tuangkan beberapa sendok air, lalu goyanglah beberapa kali. Jika madu itu asli, akan terlihat membentuk pola heksagonal atau pola rumah lebah. Jika madu itu palsu tidak akan membentuk pola serupa. 

Meneteskan di kertas 

Teteskan madu ke permukaan kertas, bisa menggunakan kertas HVS atau kertas koran. Madu asli akan lama menembus kertas, dibutuhkan beberapa menit untuk menembusnya. Jika madu itu palsu beberapa detik saja akan menembus kertas. Sebabnya adalah kadar air di dalam madu tersebut. Madu palsu mempunyai kadar air yang banyak, maka madu itu akan gampang terserap ke pori-pori kertas. Perlu di ketahui madu asli hanya mempunyai kadar air paling besar sebanyak 20%, karena itu sulit menembus pari-pori kertas tersebut. 

Menuangkan di atas kuning telur 

Jika anda ingin bermodal sedikit, anda bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek mentah. Tuangkan madu di atas kuning telur, maka telur tersebut akan ter-koagulasi dan terlihat seperti matang. Proses pematangan itu disebabkan karena madu mengandung asam, dan telur mengandung protein yang bila di campur akan menggumpal dan terlihat seperti matang. Jika anda rasakan telur tersebut seperti sudah di masak. Saya jadi teringat minuman STMJ. Mungkin madulah yang membuat telur di dalam minuman itu tidak berbau amis lagi. 

Memanaskan madu 

Panaskan madu yang akan anda periksa ke dalam tungku dengan api yang tak terlalu besar. Saat akan mendidih madu asli akan timbul gelembung-gelembung udara yang meletu-letup. Bedakan dengan madu palsu, bukan gelembung yang akn di timbulkan, melainkan buih seperti ciri khas air gula ketika di masak.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sampai disini, saya berharap anda faham bagaimana mengaplikasikan cara-cara di atas. Sehingga ini akan membantu anda mengenali apakah madu yang akan atau sudah anda beli berstatus asli atau palsu. Ini penting! Karena itu jangan sepelekan hal ini, ( efek buruk madu palsu bisa di lihat di “ Tidak semua madu menyehatkancoming soon ), jangan sampai saat anda ingin sehat dengan minum madu asli justru sakit-sakitan karena malah madu palsu yang anda minum. 

Oke, mari menjadi konsumen yang cerdas. Dan selalu waspada dengan segala bentuk pemalsuan yang banyak beredar di sekitar kita.
Share this article :

+ comments + 18 comments

January 19, 2015 at 7:20 PM

di daerah Indonesia mana yang memproduksi madu asli paling banyak?

February 3, 2015 at 1:56 AM

dari pengalaman kami sebagai pengawas panen madu hutan maupun madu ternak, memang benar bahwa banyak sekali cara menilai keaslian madu yang keliru. buktinya madu panenan saya juga dikerubutin semut.padahal kami hadir saat panennya. alhamdulillah kami sekarang mengetrapkan sistim harus ikut mengawasi panen sendiri bagi setiap produk madu yang akan kami beli demi menjaga mutu semua madu yang kami jual. silakan kunjungi kami di www.facebook.com/abufajree. terima kasih

March 24, 2015 at 9:12 PM

ilmu yang beranfaat, biar bisa bedakan madu asli n palsu. n terhindar dari penipuan

March 30, 2015 at 8:15 AM

Hhhhmm,,nanti di tes, semoga asli ,.Wassalam:) By Toko Lukisan

May 18, 2015 at 9:20 AM

terima kasih sharing artikelnya.. lengkap sekali..

July 28, 2015 at 3:15 AM

Bagi anda yang membutuhkan madu hutan (kalimantan) asli dan terdaftar. Harga terjangkau dan sesuai kantong anda silahkan hub.
Phone 083804955061
Invite. 2BB4FC2D.
Terima kasih kepuasaan anda prioritas kami.

September 26, 2015 at 6:27 AM

maaf mau tanya,,, kalau madu diminum oleh orang yang punya masalah diabetes bisa??
Tidak berbahaya bagi penderitanya ya??

October 23, 2015 at 6:17 PM

jika madu yang di minum benar2 madu murni, insya Allah tidak berbahaya. karena perbedaan antara gula madu dengan gula tebu atau turunannya

November 12, 2015 at 1:46 AM

Jual Madu Sehat produk Klinik Sehat
Hub 085311327976

December 13, 2015 at 1:39 AM

per liter brp? rasanya?

Madu Lebah Murni Sumba NTT
January 14, 2016 at 6:52 PM

Madu Lebah kami adalah madu asli dari Sumba NTT yg memenuhi kriteria ciri madu asli yg dipublikasikan di atas. Dikemas dalam kemasan khas pulau NTT dg standar hygienis yg sangat tinggi tanpa kadaluarsa. Biasa dikonsumsi oleh semua usia bayi hingga lansia termasuk pnderita diabets. Untuk wilayah Jabodetabek hub distributor kami
Sms / wa 0859 5952 2341
Pin bb 5A5924D4
Free ongkir

February 6, 2016 at 3:51 AM

madu sangat bermanfaat bagi tubuhhh...

April 5, 2016 at 4:33 AM

Apa ia,madu yg asli,setelah dipanaskan.dan dibiarkan smpai dingin,maka akan megental seperti agar-agar.

August 31, 2016 at 12:25 AM

kebetulan saya pernah beli langsung ke petani peternak madu, Madu Lebahnya adalah madu asli yg langsung saya test dan ternyata benar memenuhi kriteria ciri madu asli yg dipublikasikan di atas.benar dan boleh ditest di tempat, kemasannya juga unik dg standar hygienis yg sangat tinggi tanpa kadaluarsa karena tanpa pengawet kimiawi. dikonsumsi oleh keluarga sya semua usia bayi hingga lansia termasuk bude saya yang penderita diabets juga mengkonsumsi dan aman, cek dokter jadi stabil. coba dech hub peternaknya di
Sms/Phone 081293353639
waktu itu sich saya masih Free ongkir

September 14, 2016 at 7:11 PM

Banyak tips yang beredar di masyarakat tentang cara membedakan madu asli dan tidak asli
Yang ini tips nya bagus banget. Bisa langsung praktek nih :)
Terima kasih

December 28, 2016 at 9:32 AM

Makasih atas infonya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger