Tak ingin minum obat flu? coba 9 cara tak umum ini

obat-alternatif-mengatasi-influenza
Obat flu mungkin adalah cara tecepat dan terpraktis untuk menyembuhkan influenza. Dengan menggunakan obat anda segera terbebas dari gangguan gejala flu dalam waktu relatif cepat. 



Hanya saja anda mungkin termasuk orang yang mengurangi benar-benar penggunaan obat flu karena anda mengerti efek sampingnya. Terlebih setelah membaca artikel ini “ Efek buruk obat influenza buat otak”  Anda semakin tidak respek dengan obat flu setelah mengetahui meminum obat ini bisa membuat anda ngantuk dan kehilangan fokus. Apalagi jika flu menyerang di waktu-waktu tersibuk anda.



Jangan khawatir, ternyata ada beberapa cara yang tak kalah efektifnya dengan obat untuk mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit flu anda. Seperti yang telah diutarakan oleh Dr Woodson Merrell, direktur Beth Israel Medical Center untuk Pusat Kesehatan dan Penyembuhan di New York mengatakan, untuk mengobati atau meringankan gejala  influenza, ada beberapa cara tak umum yang mungkin dapat dilakukan. Berikut penjabaran dari Merrell.


1. Hirup uap mentol

Menurut Merrell, ini adalah cara yang efektif dalam mencegah ataupun mengobati flu, walau sepertinya ini seperti cara yang banyak diterapkan oleh orang dahulu. "Mentol dapat berperan sebagai ekspektoran(perangsang pengeluaran dahak), dekongestan (pelega hidung) yang dapat membantu melawan infeksi, baik demam maupun flu," jelasnya. Jika anda termasuk orang yang sulit menemukan mentol anda bisa menggunakan uap dari jahe, atau jeruk nipis yang diperas. 

2. Menjadi turis di pagi hari

Kuncinya adalah vitamin D termasuk zat yang sangat penting dalam imunitas seseorang. Imunitas yang kuat akan menghindarkan orang terserang virus termasuk virus influenza. Tak hanya mempengaruhi imunitas, vitamin D juga membantu tubuh untuk melawan infeksi yang ditimbulkan oleh virus flu tersebut.


"Vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting pada sistem imun," ujar Merrell.

Sumber vitamin D itu bisa kita temukan di sinar matahari pagi. Karena pada dasarnya Tubuh secara alami memproduksi vitamin D, tetapi Anda butuh paparan sinar matahari untuk mengaktifkannya. 


Mengkonsumsi suplemen vitamin D juga merupakan alternatif pengobatan yang baik. Sebuah penelitian dilakukan pada 340 anak Jepang menunjukkan, anak yang diberi suplemen vitamin D, 40 persen lebih tahan terhadap flu daripada mereka yang tidak. 


3. Tingkatkan kelembaban ruangan

Kesalahan umum yang ada di masyarakat adalah ketika sedang flu, sebaiknya menghindari udara yang lembab. Kenyataanya malah sebaliknya, Sebuah studi menunjukkan, virus flu justru lebih sulit bertahan hidup di lingkungan yang lembab.


Virus flu malah mencintai lingkungan dengan kelembaban rendah, dengan begitu virus akan mudah menginfeksi dan berkembang biak. karena  itu jika kelembaban ruangan diatur tinggi, virus flu akan sulit menginfeksi manusia.


4. Cintailah tempat tidur anda

Dokter akan menganjurkan anda beristirahat secukupnya saat anda flu. Dan itu adalah saran terbaik agar proses penyembuhan terhadap infeksi influenza bisa berjalan lancar. Setelah anda telah dinyatakan sembuh untuk mencegah flu datang kembali anda bisa berolahraga ringan. Sebuah Penelitian yang dipublikasikan dalam Science in Sport & Exercise menunjukkan, olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan rutin setiap hari dapat mengurangi risiko terinfeksi flu hingga sepertiganya. 

5. Rakuslah dengan sayur dan buah

Kekayaan anti oksidan yang terkandung dalam sayur dan buah, Menurut Merrell, membuat anda tetap fit dan mempercepat proses penyembuhan influenza. ini karena makanan berbasis tumbuhan kaya akan fitonutrien (komponen aktif yang memberikan bau, warna dan rasa pada tanaman) yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan dan melawan penyakit termasuk penyakit flu. Karena itu jangan berhenti memakan buah dan sayur saat anda sakit. Selain itu adalah nutrisi penting buah dan sayur sekaligus sebagai obat untuk tubuh anda.

6. Rempah-rempah yang baik bagi hidung anda

Rempah merupakan obat yang sudah umum di gunakan oleh nenek moyang kita namun telah mulai memudar saat kini obat telah banyak beredar. Karena itu anda bisa pula untuk mencoba alternatif ini. Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan bawang putih sudah terbukti mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi ( anti peradangan ) yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari peradangan akibat penyakit influenza. Ketiganya merupakan bahan-bahan mudah di dapat yang mampu membantu melawan infeksi yang disebabkan virus flu.

7. Gunakan tea tree oil

Segala macam yang berasal dari teh seperti daun sudah sangat terkenal mampu menyembuhkan maupun mencegah penyakit. Demikian juga minyak dari pohon teh, telah diketahui sejak lama sebagai antivirus yang mampu melawan penyakit flu. Tak diragukan lagi akan khasiat bahan itu karena hal ini telah dibuktikan di penelitian laboratorium.

8. Konsumsi madu

Seperti yang dikatakan Merrel bahwa Madu memiliki senyawa antimikroba yang penting untuk melawan infeksi dan peradangan. Merrell menyarankan untuk memasukkan madu ke dalam makanan keseharian anda. Bisa juga dicampurkan pada minuman favorit anda semacam teh. Selain berasa enak, anda akan mendapati tubuh anda cepat fit dan gejala flu anda semakin mereda.

9. Banyak minum air putih

Air sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem tubuh tetap berfungsi baik. Selain itu air juga termasuk elemen penting yang dibutuhkan tubuh untuk melawan virus influenza. Air juga merupakan dekongestan alami yang membuat lendir dan ingus dalam menjadi encer sehingga pernafasan lancar. Air juga berperan penting dalam kelancaran pencernaan kita sehingga zat, nutrisi atau obat flu bisa terserap sempurna oleh usus untuk mempercepat proses kesembuhan anda.



Itulah beberapa cara tak umum yang bisa menghindarkan anda dari meminum obat flu. Yang terpenting adalah cara-cara untuk mengobati flu itu bisa juga untuk menjaga diri anda dari serangan virus influenza yang mejengkelkan itu. 

Selamat sehat!  

Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger