Menurunkan Tekanan Darah dengan diet Karbohidrat


Jika anda mendapati tekanan darah anda tinggi, mungkin anda akan buru-buru panik dan khawatir dengan kondisi anda. Apalagi jika mengetahui kenyataan bahwa Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang bisa memicu terjadinya penyakit menakutkan lain seperti stroke dan jantung koroner.

Namun jangan buru-buru khawatir karena kekhawatiran yang berlebih justru akan mebuat tekanan darah anda tidak turun-turun. Anda perlu membaca artikel “ Kenapa jika kita stres tekanan darah akan naik”

Pertama-tama sadarilah jika hipertensi adalah penyakit yang jika terkontrol tidak akan mengakibatkan gangguan kesehatan yang lain. Tenang saja karena saat ini sudah tersedia obat untuk menurunkan atau mengontrol tekanan darah. 

Namun jangan terlampau tenang, karena kadang karena saking tenangnya kita kadang cenderung menyepelakan. Nah, menyepelekan tekanan darah inilah yang bahaya.

Kini anda bisa mengusahakan agar tekanan darah anda bisa turun tanpa harus minum obat, apalagi jika anda memang masih di usia yang belum terlalu lanjut. Beberapa langkah bisa anda coba agar tekanan darah anda turun. Salah satunya adalah dengan jalan diet rendah Karbohidrat

Mengapa Diet rendah karbohidrat?

Tak bisa dipungkiri bahwa kegemukan adalah pangkal dari beberapa penyakit serius. Walau tidak selalu, kegemukan itu disebabkan oleh gaya hidup yang salah termasuk dalam mengatur asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

Solusinya adalah menjalani diet karbohidrat. Anda perlu tahu bahwa karbohidrat termasuk zat penyumbang lemak yang cukup siknifikan pada tubuh. Karena itu mengurangi karbohidrat tidak bisa ditunda lagi agar anda segera bisa menurunkan tekanan darah anda.


Diet rendah karbohidrat dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Menurut berbagai penelitian, diet rendah karbohidrat terbukti lebih efektif daripada diet rendah lemak, walaupun anda juga tidak boleh menyepelekan diet rendah lemak. Dengan menjalankan diet rendah karbohidrat, lemak-lemak yang terbentuk dari metabolisme karbohidrat akan berkurang dalam aliran darah maupun dalam dinding pembuluh darah.

Masih menurut sebuah studi terpercaya. Studi tersebut berhasil membuktikan bahwa orang-orang yang menjalankan diet rendah karbohidrat ketat, mengalami penurunan berat badan secara signifikan dalam satu tahun. Denganturunnya berat badan, diharapkan terjadi penurunan juga pada tekanan darah.

Bagaimana cara melakukana diet Karbo?

Diet ini dilakukan dengan membatasi masukan karbohidrat menjadi 50 g hingga 150 g karbohidrat per hari. Diet jenis ini menekankan pada konsumsi makanan berprotein tinggi misalnya ikan, ayam, telur, daging dan makanan yang mengandung zat tepung untuk menggantikan peran karbohidrat sebagai sumber energi.

Intinya dengan mengurangi karbohidrat tubuh akan kekurangan glukosa, maka tubuh akan menggunakan cadangan energi berupa lemak untuk aktifitas keseharian. Karena itulah jika anda diet karbo sama halnya anda membakar lemak dalam tubuh anda sehingga mengurangi berat badan anda. Manfaat lain adalah saat anda menerapkan diet karbo ini adalah dengan berkurangnya Karbohidrat, pankreas akan hanya sedikit memproduksi hormon insulin. Sudah bisa ditebak, kondisi ini juga akan membuat kadar gula darah anda menjadi normal. 

Anda juga perlu memperhatikan kapan anda memakan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Waktu yang tepat untuk makan adalah diatas jam 7 pagi dan di bawah jam 6 malam. Yang sering disepelekan orang adalah makan diatas jam 6 malam, padahal saat seperti ini organ dan sistem metabolisme tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk mencerna. Perhatikan juga porsinya. Porsi kardohidrat 3 kali dalam sehari  dalam porsi kecil lebih baik daripada memakan karbo 2 kali namun dalam porsi banyak

Karbohidrat, unsur yang menjadi faforit kita sehari-hari itu ternyata berperan penting untuk naik atau turunnya tekanan darah kita. Yang perlu kita camkan sekarang adalah mengatur sendiri berapa banyak karbo yang anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan energi harian anda.

Okey, Nampaknya anda juga perlu untuk menyimak cara lain menurunkan tekanan darah anda di “ Khasiat Tomat untuk menurunkan tekanan darah” dan “Langkah efektif menurunkan darah tinggi” 


Selamat sehat!




Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger