Cara dokter sekarang mengobati asma

penanganan-dokter-obati-asmaWell, mendengar pengobatan asma, penderita asma mungkin akan merasa lega. Karena penyakit yang menyiksa dan kadang mengancam nyawa ternyata ada obatnya. Hanya saja saya berpesan jangan terlalu berharap banyak dari obat-obatan. Sejauh ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan asma secara total (atau tidak ada obat yang bisa menjamin asma tidak kembali kambuh). Dengan kata lain, untuk saat ini asma tidak bisa disembuhkan. Kita hanya bisa mengontrol asma itu agar tidak sering kambuh dan bisa menangani dengan tepat saat kambuh itu berulang.

Nah, saat terjadi kekambuhan dokter akan meresepken obat-obat yang bersifat menghilangkan simptom atau gejala yang terjadi pada penderita asma. Jika memang gejala sudah dirasa mereda maka dokter akan meresepkan jenis obat yang akan menurunkan daya sensitifitas paru-paru terhadap alergen (jika memang asma itu disebabkan oleh alergi).

Pengobatan kedokteran modern saat ini terbagi menjadi dua pengobatan berdasarkan lama tidaknya pengobatan yang di lakukan pasien. Pengobatan itu adalah pengobatan jangka pendek dan pengobatan jangka panjang. Ya, untuk penyembuhan asma memang diperlukan waktu yang tidak sebentar.

Pengobatan Asma Jangka Pendek penderita asma

Pengobatan ini dilakukan lebih karena penyelamatan nyawa pasien saat terjadi serangan asma terjadi. Setiap kekambuhan asma akan selalu membawa pasien ke suasana yang mencekam, ditandai dengan kesulitan mereka menarik dan mengeluarkan nafas. Kesulitan ini terjadi karena terjadi gangguan jalan nafas akibat penyempitan dinding bronchus (salah satu bagian dalam saluran pernafasan) yang meradang. Selain itu lendir yang dihasilkan tubuh akan membanjir di jalan nafas penderita asma saat terjadi serangan, ini tentu akan memperberat proses pernafasan pasien. 

Karena itulah pengobatan jangka pendek dokter akan menghilangkan kondisi bronchus seperti itu menjadi lebih longgar bahkan mendekati normal. 

Maka, kita mengenal obat jenis bronchodilator, yaitu obat yang berfungsi untuk melebarkan saluran pernafasan yang menyempit akibat peradangan.  Obat bronchodilator ini akan mempengaruhi otot polos pernafasan yang stress untuk segera rileks. Agar lebih mengetahui jenis-jenis obat asma bronchial silahkan anda meng-klik “Mengenal macam-macam obat asma

Jenis obat lain dalam pengobatan jangka pendek penyakit asma adalah jenis obat yang mampu mengurangi kesembaban dalam selaput lendir organ pernafasan. Juga jenis obat yang mampu mengencerkan lendir yang menyumbat jalan nafas pasien asma. 

Pengobatan Asma Jangka Panjang

Pengobatan diberikan setelah serangan asma berakhir. Jika memang dianggap kondisi kritis penderita sudah lewat, maka pengobatan jenis ini akan segera diambil oleh para dokter. Intinya jenis pengobatan ini berguna untuk mencegah agar kekambuhan asma di lain waktu.
Karena pengobatan janka panjang, maka pengobatan asma jenis ini memerlukan rentang waktu lama. Seberapa lama? bisa berbulan-bulan sampai bertahun-tahun. Dan harus diberikan secara teratur. Karena itu perlu banyak kesabaran dan kedisiplinan pasien dalam menjalani terapi ini. Penghentian pemakaian obat secara jangka panjang ditentukan oleh dokter yang merawat. 

Jenis Pengobatan ini lazimnya disebut sebagai immunoterapi atau terapi daya tahan tubuh, yaitu suatu sistem pengobatan yang diterapkan pada penderita asma dengan cara menyuntikkan bahan alergi (allergen) kepada penderita alergi. Dosis allergen yang disuntikkan ke tubuh pasien dinaikkan secara bertahap. Dengan tindakan ini diharapkan dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi kepekaan saluran nafas terhadap allergen tersebut. Karena itulah sebelum menjalani pengobatan ini pasien sangat dianjurkan untuk menjalani tes alergi terlebih dahulu untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang membuat si pasien mengalami alergi. Mengenai mekanisme pemeriksaan tes alergi ini bisa anda simak di “ Apa dan bagaimana tes alergi di lakukan?”

Itulah beberapa pengobatan yang dapat diusahakan oleh dokter-dokter sekarang untuk mengobati asma. Walaupun sejujurnya mereka sendiri tahu bahwa asma memang termasuk penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun kita mesti yakin bahwa mereka akan sentiasa mengembangkan keilmuan dalam hal asma, sehingga bukan tidak mungkin penyakit asma ini akan bisa ditangani secara tuntas. Selama kita yakin dengan Tuhan, apapun yang kelihatan tidak mungkin akan menjadi mungkin.

Selamat sehat!


Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger