8 Khasiat bombastis tumbuhan pedas bernama jahe!

Saat suasana dingin mencekam, sehabis hujan deras, tindakan keren yang bisa anda ambil adalah mencari jahe untuk dijadikan minuman yang bermanfaat untuk mengusir suhu dingin. Suatu waktu mungkin hidung anda sakit di hajar flu, jangan ragu untuk mencari segala olahan berbau jahe, saya yakin keluhan seperti hidung tersumbat, mbeler dan badan meriang akan lumayan teratasi dengan jahe.

Di asalnya sana, jahe merupakan tumbuhan yang “bau tanah” karena memang  umbinya ada di dalam tanah. Namun begitu khasiat yang bisa kita rasakan sangat mantap atau bisa dibilang bombastis. Jahe ternyata mengandung khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kita walau bentuknya  tidak menarik di pandang lama-lama.

Mau apapun jenis jahenya, jahe selalu mempunyai ratusan manfaat yang tak  bisa di jabarkan satu-satu dalam artikel ini. Namun ada 8 kelompok manfaat besar yang saya rasa cukup untuk mewakili manfaat-manfaat jahe yang mungin jika di hitung, jari-jari anda akan mengalamai kram.

1.    Jahe meningkatkan nafsu makan

Bagi anda yang sedang berdiet jangan coba-coba mendekati bahan makanan yang satu ini kalau tidak ingin program diet anda mati total. Sebaliknya anda anda yang termasuk orang dengan bodi kering kerontang dan ingin menambah isi dalam tubuh anda, konsumsilah jahe, karena tumbuhan ini bisa menambah nafsu makan anda. Minyak Satiri yang banyak terkandung dalam jahe akan merangsang selaput lendir pada perut dan usus  yang sangat berperan dalam mengatur selera makan seseorang.

2.    Jahe mencegah serangan jantung dan stroke

Minyak  gingerol namanya. Jenis minyak berbau harum nan khas ini berperan penting dalam proses anti koagulan dalam darah. Minyak ini akan mencegah darah mengalami pembekuan. Seperti anda ketahui, terbentuknya plak dalam darah adalah berawal dari kentalnya atau bekunya darah seseorang. Karena minyak gingerol mencegah pembekuan darah, artinya minyak yang terdapat banyak dalam jahe ini bisa menghindarkan orang dari penyakit jantung dan stroke.

3.    Jahe adalah tabib dari berbagai penyakit

Jahe bisa menjadi seorang tabib dari berbagai macam masalah kesehatan yang anda alami.  Contohnya jahe bisa di gunakan untuk mengatasi nyeri sendi, seperti pembengkakan sendi akibat radang. Terapi jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi alergi dan memperkuat sinus. Dalam pengobatan China jahe bahkan digunakan sebagai obat selesma, diare  dan batuk. Oya , jahe juga bermanfaat untuk meringankan gejala flu juga seperti paragraf narasi di atas.

4.    Jahe sebagai penguras keringat

Jahe juga di gunakan tubuh untuk merangsang pori-pori pada kulit untuk mengeluarkan keringat. Dengan keluarnya keringat berarti akan keluar juga berbagai sisa-sisa zat yang sudah tidak digunaan lagi bagi tubuh.

5.    Jahe Menurunkan tekanan darah.

Banyak jalan untuk menurunkan tekanan darah seseorang. Salah satu nya adalah menggunakan jahe. Alasannya bermula dari produksi hormon adrenalin oleh tubuh akibat rangsangan jahe. Dengan diproduksinya hormon adrenalin, maka akan terjadi pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah akan mengalir dengan lancar. Efeknya jelas,  karena aliran darah lancar, tekanan darahpun tidak lagi tinggi. Ini tentu juga akan meringankan kerja jantung anda.

6.    Jahe adalah "bius" alami

Tidak usah menenggak obat pereda rasa nyeri seperti asam mefenamat dan sejenisnya. Jika didapur anda terdapat bahan atau bumbu bernama jahe. Olahan bahan jahe tersebut menjadi olahan makanan atau minuman. Dengan sendirinya jika anda mengalami rasa nyeri dalam tubuh anda misalnya kepala, bahan dari jahe ini akan meredakannya. Demikian juga jika anda mengalami nyeri rematik, penggunaan jahe akan sangat membantu selain juga akan meringankan radang sendi yang anda alami.

7.    Jahe sebagai anti mual.

Serotonin adalah senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkonstraksi dan menyebabkan rasa mual. Nah, guna jahe adalah mengeblog produksi serotonin itu sehingga tidak terjadi rasa mual. Itu mungkin yang menyebabkan ibu kita sering memberikan kita kecil permen jahe saat kita sedang dalam perjalanan jauh.

8.    Jahe adalah pembasmi radikal bebas

Radikal bebas adalah masalah utama bagi sebagian besar orang. Lingkungan yang buruk, dan makanan yang tidak berkualitas membuat manusia sekarang banyak terpapar radikal bebas. Nah, kandungan anti oksidan yang banyak terdapat dalam jahe otomatis akan menggempur habis radikal bebas yang sengaja atau tidak masuk ke dalam tubuh kita. Dengan terhindarnya manusia dari radikal bebas tentu akan membuat kita terhindar dari ancaman penyakit mematikan akibat radikal bebas seperti kangker dan kawan-kawan.

8 saja nampaknya sudah cukup untuk membuat anda mengerti betapa besar manfaat jahe bagi kesehatan manusia. Jadi memang tidak ada ruginya anda mengkonsmsi jahe baik sebagai bumbu masakan mauupun sebagai bahan makanan dan minuman. Selamat mencoba....

Selamat sehat!




Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pertanyaan dan komentar anda di sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sehatsangat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger